Budi Arie Setiadi Resmi Menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika

Pada Senin (17/7) kemarin, Budi Arie Setiadi resmi menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pengangkatannya sebagai Menteri menggantikan posisi Johnny G Plate yang terjerat dalam kasus korupsi BTS.

Profil Budi Arie Setiadi

Sebelum menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes). Budi lahir pada tanggal 20 April 1969.

Aktivitas Sebelum Masuk Kabinet

Sebelumnya, Budi Arie adalah Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo), salah satu kelompok relawan terbesar yang mendukung Jokowi sejak tahun 2014. Selain itu, ia juga aktif di berbagai kegiatan mahasiswa saat kuliah di Universitas Indonesia (UI).

Latar Belakang Pendidikan

Budi Arie Setiadi menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Indonesia (UI) dengan jurusan Komunikasi. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan S2 di bidang Manajemen Pembangunan Sosial di universitas yang sama.

Aktivitas Mahasiswa

Sejak kuliah, Budi telah terkenal sebagai mahasiswa yang aktif dalam berbagai gerakan. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP UI pada tahun 1994-1995 dan juga menjadi bagian dari Presidium Senat Mahasiswa UI pada tahun yang sama.

Kontribusi di Bidang Kemahasiswaan dan Pers

Budi Arie Setiadi juga telah memberikan kontribusi signifikan di bidang kemahasiswaan dan pers. Ia pernah menjadi Ketua ILUNI UI Jakarta (1998-2001), Gerakan Sarjana Jakarta (1998-2000), dan merupakan salah satu pendiri Masyarakat Profesional Indonesia (1998-1999).

Karir di Dunia Pers

Berkaitan dengan minatnya di bidang pers, Budi Arie Setiadi pernah menjadi bagian dari Redaksi Pelaksana Suara Mahasiswa UI pada tahun 1993-1994. Selanjutnya, dalam riwayat pekerjaannya, ia pernah menjabat sebagai wartawan di Media Indonesia Minggu (1994-1996) dan juga bekerja sebagai wartawan dan redaktur di mingguan Kontan (1996-2001).

Pengalaman Profesional

Selain itu, dalam karir profesionalnya, Budi Arie Setiadi telah menjabat sebagai Direktur Utama PT Mandiri Telekomunikasi Utama, Direktur Utama NKE Investama, dan Direktur Utama PT Mitra Lumina Indonesia.

Dengan berbagai pengalaman dan latar belakang pendidikan yang kuat, Budi Arie Setiadi diharapkan dapat memberikan kontribusi positif sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika untuk kemajuan dan perkembangan sektor komunikasi dan informatika di Indonesia. Semoga keberhasilan dan kesuksesan senantiasa menyertai perjalanan karirnya dalam melayani bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *