Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan, Purbalingga Jawa Tengah

Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan

Gunung Slamet Via Blambangan

Hallo sahabat yana,gimana liburan kalian,membosankan atau gimana?apalagi yang tinggal di daerah kota pasti sanagat jenuh dengan kebisingan kota yang banyak kendaran baik darat maupun laut.Oke disini saya akan menceritakan pengalaman saya mendaki Gunung Slamet .Cekidott simak kisah kami saat mendaki gunung slamet

Perjalanan di mulai dari kota Yogyakarta saya berempat dengan teman saya yaitu Aziz,Danar dan 1 orang lagi asal banyumas,kami bertiga berangkat pada minggu sore dari yogyakarta supaya bisa tracking pada pagi hari heheh,saya berangkat pukul 3 sore kemudian langsung singgah ke rumah teman saya yang berada di banyumas yang bernama Reza.Setiba di banyumas kami ber empat istirahat sebentar dan berbincang bincang untuk pendakian besok pagi.

Sehabis mengobrol kami sepakat untuk packing malam hari itu juga supaya menghemat waktu dan bisa istirahat lebih lama juga,kami langsung membeli kebutuhan pendakian yang berupa makanan ringan,mie instan dan kebutuhan lainya kami membeli kebutuhan itu di pasar supaya memperkecil pengeluaran dari pada beli di supermarket yang agak mahalan heheh :).Sehabis membeli kebutuhan kami langsung mempacking kebutuhan pendakian malam itu juga setelah slesai langsung tidur .

Pagi hari kami ber empat bangun jam 4 untuk persiapan pendakian,mandi,makan dan mempersiapkan segalanya,kami ber empat berangkat dari banyumas ke base camp Gunung Slamet via Blambangan pukul setengah 6 estiminasi perjalanan dari banyumas ke Bc,Blambangan yaitu sekitar 2 jam.Kami sampai di Base camp jam setengah 8 dan memutuskan untuk mendaki pukul 10 pagi,kami istirahat di warung deket di Bc sambil mengisi perut dan simaksi.Setelah itu kamu cus berangkat dari base camp menuju pos 1.

Baca juga:Pendakian Gunung Singgalang Sumatra barat

Basecamp Bambangan – Pos 1 (Gardu Pandandang)

Perjalanan kami mulai dari gerbang pendakian gunung slamet. Selepasnya,kita dapat melihat hasil kerbun warga di sepanjang perjalanan menuju pos 1,sebelum sampe di pos 1 anda akan melihat warung milik warga atau biasa di sebut pos bayangan.

Perjalanan menuju pos 1, kurang lebih, memakan waktu 1-2 jam tergantunga kalian sering berhenti atau tidak kalo saya jalan santai 1 setengan jam sudah sampe pos 1.

Pos1 – Pos 2 (Pondok Walang)

Sesampainya di Pos 1,anda akan melihat pemandangan perkotaan Purbalingga yang sangat indah,Pos 1 dapat di gunakan untuk beristirahat sambil membeli makanan ringan yang berada di pos 1

Selepas dari pos 1, perjalanan mulai agak sedikit meguras tenaga dan  memasuki hutan hujan tropis yang cukup lebat saya sarankan untuk menggunakan pakian yang menutupi badan, membuat udara seketika berubah menjadi segar, sinar matahari mengintip dari celah-celah kerimbunan hutan. apalagi saat musim penghujan.Perjalanan menuju pos 2,kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 jam – 2 jam tergantung stamina kalian kalo saya dulu sampe pos 2 sekitar 70 menitan hehe 🙂

Baca Juga: Penyebab Hipotermia dan Penanggananya

Pos 2 – Pos 3

Pos 2 merupakan area tanah datar yang cukup luas dengan udara yang sangat sejuk.Tempat tersebut sangat pas di jadikan peristirahatan sementara sekedar menarik nafas sambil menikmati pemandangan alam sekitar.Disini terlihat beberapa warung yang menjajakan makanan ringan misal saja Mendoan Banyumas yang sangat enak.

Perjalanan menuju Pos 3 membutuhkan waktu sekitar 45 – 90 menit,jalanan yang semakin menanjak dan licin,Track di dominasi oleh tumbuhan yang rungkut dan rimbun

Pos 3 – Pos 4 (Samarantu)

Perjalanan munuju pos 4 membutuhkan waktu sekitar 45-90 menit ,jalanan semakin menanjak dan terdapat popohonan yang besar menambah suasana mistis namun udara di sekitar pos 4 tidak terlalu lembab terdapat juga rintanganya yaitu akar pepohonan yang sangat banyak,di pos 4 anda akan melihat pepohonan besar dan rungkut(berdekatan)konon katanya para pendaki di larang mendirikan tenda di pos 4 karena banyak yang menggatakan tempat tersebut terdapat cerita mistisnya

Pos 4 – Pos 5 (Pos Camp)

Perjalanan menuju pos 5 atau yang biasa di sebut pos camp membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit itu tergantung stamina kalian,trek menuju pos 5 cukup sedikit menguras tenaga karena terdapat tanjakan ,tapi tenang tanjakan tersebut tidak banyak,pos 5 terdapat arena camp yang cukup luas di sana anda bisa mendirikan tenda dan ada juga beberapa warung yang menyediakan makanan ringan,disana juga menyediakan shelter yang dapat di gunakan untuk sholat dan lain-lain,saya sarankan untuk camp di pos 5 karena jarak pos 5 menuju puncak tidak terlalu jauh yaitu sekitar 2-3 jam sampai puncak slamet.

Pos 5 – Pos 6

Pos 5 menuju pos 6 membutuhkan waktu sekitar 10-20 menit saja,ketika anda mau summit anda akan melewati pos 6 yang di mana perjalan menuju pos 6 tidak terasa jauh,saya sarankan untuk pemanasan sebelum summit di karenakan badan yang habis istirahat ketika anda langsung memulai perjalanan tanpa pemanasan nafas akan terasa berat.

Pos 6 – Pos 7

Perjalanan menuju pos 7 membutuhkan waktu sekitar 10-20 menit saja sama seperti pos 5 menuju pos 6 ,dari sini kalian akan keluar dari zona vegetasi yaitu zona di mana tidak ada tumbuhan di sana.Kalian akan menemukan banyak pohon edelwis yang belum bermekaran saya sarankan untuk menggunakan pakian hangat karena angin mulai menerpa badan dengan cepat

Pos 7 – Pos 8

Pos 7 menuju pos 8 membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja anda akan menemui beberapa pepohonan yang sudah mati tanpa daun,saya sarankan anda jangan lama berada di pos 8 karena anda masih menemui 1 pos lagi yaitu pos 8 ,track berupa tanah yang gersang dan banyak debu lebih baik menggunakan penutup hidung untuk mengurangi udara kotor

Pos 8 – Pos 9 (Plawangan)

Untuk menuju pos 9 (Plawangan) membutuhkan waktu sekitar 10-25 menit Pos 9 adalah pos terakhir sebelum anda melakukan summit,anda dapat meelihat pemandagan kota di pos 9,saya sarankan untuk rehat dan mengisi tenaga di pos 9 sebelum melakukan summit di karenakan pos 9 tempat nya kecil anda harus bergantian istirahatnya dengan pendaki lain

Baca Juga:Pendakian Gn.Penangunggan Via Jolotundo
POS 9 Plawangan

Pos 9 – Puncak

Perjalanan menju puncak membutuhkan waktu sekitar 60 – 90 menit tergantung stamina kalian,trek yang di lalui yaitu bebatuan dan pasir saya sarankan ketika summit anda harus berhati-hati di karenakan banyak batu agak besar yang mudah rapuh ,ketika anda cape istirahatlah sejenak sambil menikmanti pemandangan yang indah,pasir menjadi hambatan utama ketika anda berjalan harus waspada karena sangat licin.